Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Bola Besar dan Contoh Permainannya

 Apa itu Bola Besar?

Dalam pelajaran olahraga seringkali kita disuruh untuk membuat Kliping Permainan Bola Kecil ataupun Kliping Permainan Bola Besar. Namun sebelum kita membuat Kliping tersebut ada baiknya kita untuk memahami lebih dalam mengenai Apa itu Pengertian Bola Besar? Pengertian Bola Besar adalah Bola yang digunakan dalam sebuah olahraga permainan dengan diameter lebih dari 50 cm (kurang lebih seukuran kepala pria dewasa), beberapa contoh bola besar yaitu :

  • Bola Sepak
  • Bola Voli
  • Bola Basket 
  • Bola Rugby
contoh bola besar


Apa itu Permainan Bola Besar?

Permainan Bola Besar adalah Jenis Olahraga permainan yang menggunakan bola berukuran besar dan pada umumnya berdiameter 50 cm. Menurut buku Mengenal Permainan Bola Besar (Sendang Sri Widiastuti, S.Pd. 2019), Permainan bola besar adalah salah satu cabang olahraga yang dilakukan secara berkelompok atau beregu di lapangan dengan bantuan alat utama yaitu bola yang berdiameter lebih dari 50 cm. 
Permainan Bola besar pada umumnya masuk ke kategori Goals Sports. Dalam olahraga, sebuah gol dapat merujuk pada momen ketika pemain memasukkan/membawa bola ke struktur fisik atau area tim lawan. Struktur gawang bervariasi dari olahraga ke olahraga, dan ditempatkan di setiap ujung lapangan untuk dipertahankan. Pada umumnya, struktur gawang biasanya terdiri dari dua tiang vertikal, yang disebut tiang gawang , yang menopang mistar gawang horizontal . Garis gawang ditandai pada permukaan permainan antara tiang gawang yang membatasi area gawang. Jadi, tujuannya adalah untuk mengirim bola di antara tiang gawang, di bawah atau di atas mistar gawang (tergantung pada olahraganya), dan melintasi garis gawang. Olahraga lain mungkin memiliki jenis struktur atau area lain di mana bola harus dilewati, seperti ring basket .

Jenis Permainan Bola Besar

Sepak Bola

Bola Besar Sepak Bola
source : CNN Indonesia


Sepak bola secara resmi dimulai di Inggris pada abad ke-19, tetapi dimainkan dalam berbagai bentuk di abad pertengahan, dan dapat ditelusuri kembali hampir 2.000 tahun. Versi terorganisir, yang dikenal sebagai Asosiasi Sepak Bola, dimulai dengan pembentukan Asosiasi Sepak Bola (FA) pada tahun 1863. Pada tahun 1904, FIFA , badan pengatur yang mengawasi permainan secara global, dibentuk. Sejak itu, pertumbuhan game di seluruh dunia luar biasa. Sekarang, 211 asosiasi diakui oleh FIFA. Lebih dari 26 miliar orang telah menonton Piala Dunia, turnamen internasional utama sepak bola, sejak dimulai pada tahun 1930, menjadikannya acara olahraga paling populer di dunia.

Bola Voli

Bola Besar Voli


Sebuah permainan bola voli terdiri dari dua tim yang masing-masing terdiri dari enam pemain, dipisahkan oleh jaring. Keenam posisi lapangan voli tersebut adalah setter, middle blocker, outside hitter, outside hitter, libero, dan serve specialist.
Untuk memulai, lempar koin untuk menentukan tim mana yang lebih dulu mengoper bola.
Kemudian kedua tim akan melakukan rally—atau memukul bola ke depan dan ke belakang melewati net—sampai terjadi kesalahan. Ada maksimal tiga pukulan per sisi.
Tujuannya adalah untuk mencetak poin dengan mengirim bola melewati jaring, mendaratkannya ke lapangan lawan.


Bola Basket



Bola Basket adalah salah satu olahraga paling populer di dunia. Bola Basket dimainkan dengan dengan sebuah bola dan ring/lingkaran jaring dimana pemain mencetak poin dengan cara memasukkan bola ke dalam ring tersebut. 
Bola basket ditemukan pada tahun 1891 oleh Jim Naismith . Dia menemukan olahraga untuk bermain di dalam ruangan di YMCA selama musim dingin Massachusetts. Game pertama dimainkan dengan bola sepak dan dua keranjang buah persik untuk mencetak gol.

Rugby



Rugby, juga disebut sebagai Rugby Union, adalah olahraga tim yang berasal dari Inggris pada awal abad ke-19. Permainan ini dimainkan antara dua tim yang terdiri dari 15 pemain dengan bola berbentuk oval di lapangan persegi panjang. Setiap sisi lapangan juga memiliki tiang gawang berbentuk H. Rugby adalah salah satu olahraga paling populer di dunia dengan lebih dari enam juta pemain terdaftar pada 2014. Badan pengelola Rugby Union, World Rugby, didirikan pada tahun 1886 dan menyelenggarakan Piala Dunia Rugbi setiap empat tahun. World Rugby terdiri lebih dari 120 serikat nasional dan rentang organisasi dibagi menjadi enam wilayah: Afrika, Amerika Utara, Asia, Eropa, Amerika Selatan, dan Oceana.

Posting Komentar untuk "Pengertian Bola Besar dan Contoh Permainannya"