Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Kliping? Pengertian Kliping dan Contohnya

Apa itu Kliping?


Menurut KBBI, Kliping adalah guntingan atau potongan bagian tertentu dari surat kabar, majalah, dan sebagainya, yang kemudian disusun dengan sistem tertentu. Jadi pada dasarnya Kliping atau Scrapbook merupakan sebuah buku yang berisi kumpulan potongan kertas/koran/majalah yang istimewa dan menarik untuk disimpan. Seperti yang kalian ketahui zaman dahulu sebelum internet dapat dinikmati oleh khalayak umum Majalah & Koran merupakan media utama bagi masyarakat. Pada zaman modern ini seseorang cukup memberikan bookmark pada browser smartphone nya dan artikel dari internet pun tersimpan, zaman dahulu ketika seseorang menemukan artikel / berita menarik maka cara satu-satunya untuk menyimpan dan merawatnya adalah memotong bagian koran artikel tersebut ditempelkan ke kertas dijilid dalam satu buku dan disimpan ketempat yang aman. Kertas koran / majalah pada umumnya menggunakan kertas kualitas rendah dan akan hancur bila tidak dirawat dengan baik. 

kliping koran
Kliping dari potongan Koran


Apa itu Kliping dari Internet?

"Buatlah kliping dari internet! Cari dimana bu? mencari di internet! " sering sekali  guru memberikan tugas tersebut ke anak didiknya. Namun kadang masih tidak jelas definisi dari kliping dari internet tersebut dari guru maupun siswa. Maka dari itu saya disini akan menjelaskan pengertian dari Kliping dari internet.

Kliping dari internet adalah salinan atau potongan bagian tertentu dari Artikel, Berita, Materi dan sebagainya dari internet, yang kemudian dicetak dan disusun menggunakan suatu sistem tertentu. . Seperti yang sudah dibahas di atas Kliping merupakan kumpulan potongan artikel dari koran/majalah. Perbedaanya di Zaman Internet ini Koran dan Majalah merupakan sebuah media yang sudah tergeser oleh media digital, terlebih lagi kepraktisan mesin pencari dalam internet untuk menemukan topik yang sesuai dengan tugas dari guru akan mempermudah siswa. Contoh Kliping dari internet dapat dilihat pada

Contoh Kliping dari Internet

Contoh Kliping dari internet contoh berbagai potongan artikel yang disusun sedemikian rupa agar lebih mudah dibaca. Dibawah ini adalah beberapa contoh yang dapat kamu gunakan sebagai acuan dalam pembuatan kliping dari internet kamu :

Demikian Artikel ini semoga dapat membantu pembaca!

Posting Komentar untuk "Apa itu Kliping? Pengertian Kliping dan Contohnya"