Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana cara sel membelah?

Bagaimana cara sel membelah? 

Ada dua jenis pembelahan sel: mitosis dan meiosis. Sebagian besar ketika orang merujuk pada "pembelahan sel," yang mereka maksud adalah mitosis, proses pembuatan sel-sel tubuh baru. Meiosis adalah jenis pembelahan sel yang menghasilkan sel telur dan sperma. 

Mitosis adalah proses fundamental bagi kehidupan. Selama mitosis, sel menduplikasi semua isinya, termasuk kromosomnya, dan membelah untuk membentuk dua sel anak yang identik. Karena proses ini sangat penting, langkah-langkah mitosis dikontrol dengan hati-hati oleh gen tertentu. Ketika mitosis tidak diatur dengan benar, masalah kesehatan seperti kanker dapat terjadi. 

Jenis pembelahan sel lainnya, meiosis, memastikan bahwa manusia memiliki jumlah kromosom yang sama di setiap generasi. Ini adalah proses dua langkah yang mengurangi jumlah kromosom hingga setengahnya—dari 46 menjadi 23—untuk membentuk sel sperma dan sel telur. Ketika sel sperma dan sel telur bersatu pada saat pembuahan, masing-masing menyumbangkan 23 kromosom sehingga embrio yang dihasilkan akan memiliki 46 seperti biasa. Meiosis juga memungkinkan variasi genetik melalui proses pengocokan gen saat sel membelah. 

Mitosis dan meiosis, dua jenis pembelahan sel. 

Mitosis dan meiosis, dua jenis pembelahan sel


Kredit: Perpustakaan Kedokteran Nasional AS

Ndondon
Ndondon Seorang Blogger dan Gamer yang kerjanya bikin makalah / laporan.

Posting Komentar untuk "Bagaimana cara sel membelah?"