Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KLIPING SEPAK BOLA

 

KLIPING SEPAKBOLA
Kliping sepak bola merupakan tugas yang biasa dikumpul siswa SMP untuk menyelesaikan tugas dari mata pelajaran PJOK atau penjaskes. Dalam sebuah kliping terdapat gambar tentang sesuatu yang di bahas dan di tambahkan artikel tentang hal yang dibahas tersebut. Pada artikel saya sebelumnya tentang Kliping Permainan Bola Besar telah dibahas mengenai beberapa permainan bola besar. Namun disini saya akan membahas secara spesifik mengenai kliping sepakbola.

untuk lebih jelasnya marilah kita mempelajari mengenai arti kliping.

Apa itu Kliping Sepak  Bola?

Kliping Sepak Bola yang benar

Kliping (Scrapbook) adalah sebuah buku kosong yang berisi gambar, tulisan, foto, potongan koran ataupun benda lainnya yang dikumpulkan dengan tujuan untuk melestarikannya / mempresentasikannya. Jadi secara analogi kliping digunakan untuk menyimpan potongan-potongan dari koran-koran atau foto keluarga sejatinya fungsinya seperti album foto namun tidak berisi banyak benda.  Pada prosesnya kliping di Indonesia dijadikan sebuah tugas yang sering diberikan untuk siswa SMP dan sering disalah artikan dengan makalah. Jika sudah tahu artinya marilah kita beralih ke cara membuat klipingnya.

Sejarah Kliping

Pada abad ke-15, buku kumpulan , populer di Inggris, muncul sebagai cara untuk mengumpulkan informasi yang mencakup resep, kutipan, surat, puisi, dan lainnya. Setiap buku biasa unik untuk kepentingan khusus penciptanya. Album persahabatan menjadi populer pada abad ke-16. Album-album ini digunakan seperti buku tahunan modern , di mana teman atau pelanggan memasukkan nama, judul dan teks pendek atau ilustrasi mereka atas permintaan pemilik album. Album-album ini sering dibuat sebagai suvenir dari tur Eropa dan berisi memorabilia lokal termasuk lambang atau karya seni yang ditugaskan oleh pengrajin lokal. Mulai tahun 1570, menggabungkan pelat berwarna yang menggambarkan pemandangan populer seperti kostum Venesia atau pemandangan Karnaval menjadi mode untuk memasukkan pelat berwarna yang menggambarkan pemandangan populer. Ini memberikan pilihan yang terjangkau dibandingkan dengan karya asli dan, karena itu, piring-piring ini tidak dijual untuk memperingati atau mendokumentasikan acara tertentu, tetapi secara khusus sebagai hiasan untuk album. Pada 1775, James Granger menerbitkan sejarah Inggris dengan beberapa halaman kosong di akhir buku. Halaman-halamannya dirancang untuk memungkinkan pemilik buku mempersonalisasi buku dengan memorabilia sendiri.  Praktik menempelkan ukiran, litograf, dan ilustrasi lainnya ke dalam buku, atau bahkan membongkar buku, memasukkan materi baru, dan mengikatnya kembali, dikenal sebagai ilustrasi ekstraatau grangerizing .  Selain itu, album persahabatan dan buku tahunan sekolah memberi anak perempuan di abad ke-18 dan ke-19 sebuah jalan keluar untuk berbagi keterampilan sastra mereka, dan memungkinkan anak perempuan kesempatan untuk mendokumentasikan catatan sejarah pribadi mereka sendiri yang sebelumnya tidak tersedia ke mereka.
Sebuah halaman dari lembar memo siswa Smith College sekitar tahun 1906. Halaman ini menggunakan gambar, efemera, dan benda fisik untuk mewakili suatu hari dalam kehidupan siswa tersebut.
Misalnya, wanita perguruan tinggi di sekitar pergantian abad menggunakan kliping secara ekstensif untuk membangun representasi kehidupan sehari-hari mereka sebagai mahasiswa. Tanpa album foto untuk memberikan gambaran tentang peristiwa kehidupan ini, siswa membuat representasi unik melalui lembar memo untuk mengilustrasikan kehidupan mereka menggunakan ephemera dan memorabilia. Daftar tamu atau kelompok kartu kunjungan mungkin mewakili kunjungan remaja putri ke pesta. Sebuah playbill dan potongan tiket mungkin berfungsi sebagai pengingat perjalanan ke New York untuk melihat pertunjukan Broadway. Benda padat seperti tanaman, peralatan makan, atau pernak-pernik kecil juga digunakan saat diperlukan representasi visual lebih lanjut.
Halaman dari lembar memo berbasis mata pelajaran ini mungkin mencakup jadwal kelas, buklet ujian, surat dari profesor, atau bahan cetakan lainnya dari acara sekolah. Dengan demikian, kliping dari era ini dapat menciptakan gambaran yang lebih lengkap tentang kehidupan pembuatnya. 

Selama abad ke-19, membuat kliping dipandang sebagai cara yang lebih melibatkan untuk melestarikan pengalaman seseorang daripada membuat jurnal atau bentuk logging berbasis tulisan lainnya. Materi cetak seperti koran murah, kartu kunjungan, playbill, dan pamflet beredar luas selama abad ke-19 dan sering kali menjadi komponen utama lembar memo masyarakat. Meningkatnya volume ephemera semacam ini, paralel dengan pertumbuhan masyarakat industri, menciptakan permintaan akan metode katalogisasi dan pelestariannya. Inilah sebabnya mengapa lembar memo yang dikhususkan hanya untuk membuat katalog resep, kupon, atau daftar lain juga umum selama ini. Sampai kemudian di abad ke-19, lembar memo dipandang sebagai fungsional dan juga menyenangkan secara estetika. Beberapa faktor, termasuk strategi pemasaran dan kemajuan teknologi, berkontribusi pada citra membuat kliping yang bergerak lebih jauh ke arah bidang estetika selama bertahun-tahun.


Cara Membuat Kliping Sepak Bola

Sebenarnya Kliping atau Scrapbook merupakan hobi yang cukup populer dan ada beberapa metode yang bisa kamu lakukan untuk membuatnya. seperti mengatur layout (tampilan) agar terlihat cantik. Namun disini saya akan menjelaskan cara membuat kliping sederhana untuk keperluan pengumpulan tugas saja.

Bahan yang dibutuhkan :

  • Media (Kertas / Buku tergantung gurumu minta ngerjainnya pakai apa)
  • Foto tentang hal yang di jadikan kliping
  • Pulpen untuk nulis 

Langkah-langkah pembuatan Kliping Sepakbola :

  1. Carilah gambar sepak bola di internet
  2. Print gambar sepak bola tersebut
  3. Gunting gambar sepak bola yang sudah kamu print.
  4. Tempelkan gambar sepak bola tersebut ke media (buku / kertas)
  5. Tambahkan Teks tentang sepakbola seperti pengertian sepakbola, peraturan sepak bola, lapangan sepak bola ataupun pengalaman kamu dengan sepak bola apa itu selama berkaitan dengan sepakbola.
  6. lakukan hal yang sama ke lembar berikutnya
  7. lakukan seperlunya tergantung guru mu minta berapa lembar
  8. Selesai


Contoh Kliping Sepak Bola


Apa itu sepak bola?

Sepak bola adalah permainan bola besar yang dimainkan oleh dua tim dengan masing-masing beranggotakan sebelas orang jadi ada 22 orang pemain dalam satu pertandingan. Olahraga ini sangat terkenal dan dimainkan di 200 negara. Permainan sepak bola bertujuan untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya dengan menggunakan bola kulit berukuran 27-28 inci. Lapangan yang digunakan dalam permainan ini memiliki lebar 50-100 yard dan panjang 100-300 yard. Gawang tempat mencetak gol terletak di bagian ujung lapangan dengan dibatasi jaring berukuran tinggi 8 kaki dan lebar 24 kaki.



Lapangan sepak bola.




Untuk pertandingan internasional dewasa, lapangan sepak bola yang digunakan memiliki panjang yang berkisar antara 100-120 meter dan lebar 65-75 meter. Di bagian tengah kedua ujung lapangan, terdapat area gawang yang berupa persegi empat berukuran dengan panjang 7.32 meter dan tinggi 2.44 meter. Di bagian depan dari gawang terdapat area pinalti yang berjarak 16.5 meter dari gawang. Area ini merupakan batas kiper boleh menangkap bola dengan tangan dan menentukan kapan sebuah pelanggaran mendapatkan hadiah tendangan pinalti atau tidak.


Sejarah Sepak Bola



Permainan sepak bola adalah salah satu olah raga yang mendunia. Laki-laki, perempuan, anak-anak bahkan kakek semuanya mencintai sepak bola. Banyak dari mereka berasumsi bahwa awal mula sejarah sepak bola berasal dari inggris, tapi ternyata sejarah mencatat bahwa permainan sepak bola sudah ada sejak 3000 tahun yang silam di berbagai pelosok dunia dalam bentuk yang berbeda-beda. Akan tetapi berbicara sejarah awal mula munculnya sepak bola hingga sampai saat ini masih mengundang perdebatan. Karena ada beberapa document yang menjelaskan permainan sepak bola sudah ada sejak masa romawi dan lain sebagainya. Namun secara resmi awal mula permainan sepak bola lahir dari daratan cina, hal tersebut dinyatakan oleh FIFA sebagai badan sepak bola dunia, yaitu berawal dari permainan masyarakat cina pada abad ke-2 sampai abad ke-3 sebelum masehi, dimana olah raga ini dikenal dengan nama “thu-shu”. Dalam document lain sejarah sepak bola datangnya dari negeri jepang, sejak abad ke-8 masyarakat jepang telah mengenal permainan sepak bola










Ndondon
Ndondon Seorang Blogger dan Gamer yang kerjanya bikin makalah / laporan.

Posting Komentar untuk "KLIPING SEPAK BOLA"