Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makalah Perkembangan Generasi Komputer Dari Masa Ke Masa




BAB I

PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang

Pengertian Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan di organisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di

dalam memori. Komputer sering kali di manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari baik di gunakan untuk meringankan pekerjaan, sebagai hiburan maupun untuk bekerja. Komputer telah merambah ke berbagai sektor dalam kehidupan kita, tidak saja digunakan oleh orang kantoran, akademisi, mahasiswa, anak-anakpun sudah terbiasa dengan alat elektronik ini. Karena perkembangan teknologi yang semakin maju maka dapat mengoprasikan sebuah komputer merupakan salah satu tuntutan yang wajib untuk kita agar nantinya kita tidak gaptek dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.

Berbicara mengenai computer, tidak lepas dari sejarah perkembangan computer dari generasi ke generasi itu sendiri. Banyaknya para pakar yang berusaha untuk menghadirkan computer terbaik yang dapat digunakan manusia selama bartahun-tahun sehingga terciptalah computer yang praktis dan minimalis sehingga dapat memudahkan kerja manusia.




1.2 Rumusan masalah

Dari latar belakang masalah tersebut maka penyusun dapat merumuskan suatu masalah, yaitu :

a. Bagaimana sejarah perkembangan computer dari generasi ke generasi?

b. Jelaskan perkembangn computer dari masing-masing generasi?













1.3 Tujuan Penulisan

Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah :

1. Agar pembaca lebih mengenal Sejarah Komputer

2. Agar Pembaca dapat mengenal komputer dari masing-masing generasi. 

BAB II

PEMBAHASAN




2.1. Sejarah Komputer

Dalam situs Computer science Lab pada artikel Ilustrasi sejarah komputer menyebutkan bahwa istilah komputer dikaitkan dengan sebuah profesi pekerjaan sebagaimana istilah mesin mekanik komputer saat ini karena mesin ini melakukan pekerjaan yang sebelumnya telah diberikan kepada orang-orang yang awalnya nama pekerjaan, sejarah istilah komputer ini digunakan untuk menggambarkan mereka (manusia terutama perempuan) yang tugasnya melakukan perhitungan berulang yang diperlukan untuk menghitung hal-hal seperti tabel navigasi, grafik naik turun dan posisi planet untuk almanak astronomi.

Bayangkan jika Anda memiliki pekerjaan seperti ini di mana jam demi jam, hari demi hari, hanya untuk melakukan perghitungan dan perkalian. tentunya rasa bosan akan timbul dengan cepat dan memicu kecerobohan yang mengarah pada kesalahan. Oleh karena itu dalam sejarah komputer disebutkan bahwa selama ribuan tahun orang telah memikirkan untuk alat mekanik yang dapat melakukan tugas perhitungan yang akurat dan dapat bekerja dengan cepat.

Ada yang menyebutkan bahwa Sejarah Komputer berawal dari 5000 tahun yang lalu ketika ditemukannya alat hitung pertama. Alat ini disebut abakus atau sempoa. Alat hitung ini ditemukan pertama kali dalam sejarah Babilonia kuno, berbentuk belahan papan diatasnya ditaburi pasir sehingga orang bisa menulis atau menghitung. Oleh karena itu maka alat ini disebut abakus, asal kata dari bahasa Yunani ABACOS, artinya menghapus debu. Oleh bangsa Cina mengembangkan abakus ini menjadi 2 bagian. Pada terali atas dimasukkan 2 bijian dan 5 bijian pada terali bawah. bentuk inilah yang yang populer hingga saat ini untuk melakukan perhitungan aritmatika. sampai saat ini penemuan Abakus atau sempoa ini dapat dianggap sebagai awal mula Sejarah Komputer.

Ada pula sumber yang mengatakan bahwa Sejarah Komputer itu bermula sejak ditemukannya alat mekanik dan elektronik untuk proses olah data telah dilakukan seiring ditemukannya alat-alat mekanika dan elektronika (mechanical and electronic) untuk membantu dalam perhitungan yang cepat. Dari awal dimulainya Sejarah perkembangan Komputer hingga pengembangan perangkat modern seperti yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi dari penemuan alat mekanik dan elektronik.

Entah mana yang benar sejarah komputer bermula darimana, yang jelas saat ini komputer tidak lagi sebagai alat hitung biasa, namun telah memasuki ke segala aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematika biasa namu bisa dimanfaatkan diberbagai bidang pekerjaan, lihat saja penggunaan komputer dibidang kedokteran, misalnya USG CT Scan dan lainya, di super-super market digunakan di kasir untuk melakukan billing dengan alat pembaca barcode.

Sejarah Komputer mekanik diawali oleh penemuan Blaise Pascal (1623-1662.), Pada tahun 1642, yang pada waktu itu Blaise Pascal baru saja memasuki remaja diusia 18 tahun, yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheelcalculator) untuk membantu ayahnya dalam melakukan penghitungan pajak. Kotak kuningan ini yang disebut Pascaline, mempergunakan roda putar bergerigi sebanyak delapan buah, digunakan untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahannya jika perhitungan sudah melebihi 10 digit angka. Dalam Tokoh-Tokoh Sejarah Perkembangan Komputer menyebut Blaise Pascal adalah orang yang berjasa karena menemukan ide pertama untuk komputer digital.

pada Tahun 1694, seorang saintis matematika dan filosof Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716) menyempurnakan Pascaline dengan membuat mesin yang mampu melakukan operasi perkalian. Sama seperti pendahulunya, alat ini tetap bekerja menggunakan roda-roda gerigi. Dengan mempelajari maha karya Pascal, Leibniz mampu menyempurnakan alatnya.

Dalam Catatan Sejarah Komputer juga menyebut nama Charles Xavier Thomas de Colmar di tahun 1820, menciptakan mesin yang memiliki kemampuan melakukan pengoperasian empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz, Colmar membantu mengukir dengan tinta emas pada Sejarah perkembangan komputer dengan membangun era komputasi mekanikal.




Gambar 1. (Babagge dan karyanya Mesin differensial)




Di tahun 1812, Charles Babbage (1791-1871) seorang profesor matematika berkewarga negaraan Inggris, telah mengakeslarasi kemajuan Komputer dari abad ke 16 seakan-akan jalan di tempat. Ia memajukan piranti ini di bidang hardware dengan menemukan sebuah difference engine yang memungkinkan perhitungan tabel matematika. Menurut catatan Sejarah Komputer, Babbage menemukan ide mengenai analytical engine pada tahun 1834, ketika bermaksud mengembangkan difference engine-nya, Orang-orang yang pesimis menyebut penemuannya dengan nama Babbage’s Folly (kebodohan Babbage). Babbage bekerja dengan mesin penganalisanya hingga meninggal. Charles Babbage, memperhatikan keserasian alam antara mesin mekanik dan matematika yaitu mesin mekanik sangat cocok dalam melakukkan tugas yang sama dan berulangkali tanpa kesalahan; sedang matematika memerlukan repetisi sederhana dari suatu langkah-langkah tertentu, mesin tersebut dinamakan Mesin Differensial dengan memakai daya tenaga uap, mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis. Penemuan Babbage dan Pemikiran-pemikirannya yang terperinci (hasil penelitiannya) menggambarkan karakteristik Komputer elektronik modern. Penemuan Babbage ini merupan tonggak sejarah komputer modern.

Setelah bekerja dengan Mesin Differensial selama satu dekade, kemudian Babbage terinspirasi untuk membuat komputer general-purpose yang pertama, yang disebut Analytical Engine. Asisten Babbage, dalam pembuatan mesin ini Augusta Ada King (1815-1842) mepunyai peran penting karena telan membantu merevisi rencana dan mencari pendanaan dari pemerintah Kerajaan Inggris, dan mengkomunikasikan spesifikasi Analytical Engine kepada publik. Selain itu, pemahaman Augusta yang baik tentang mesin ini memungkinkannya membuat instruksi untuk di input ke dalam mesin dan juga membuatnya menjadi programmer perempuan pertama. pada tahun 1980, DoD atau Departemen Pertahanan, Pentagon USA menamakan sebuah bahasa pemrograman dengan nama ADA sebagai penghormatan pada Babbage.

Mesin uap Babbage tidak pernah rampung dikerjakan, kelihatan sangat sederhana jika dibandingkan dengan standarisasi mesin sekarang ini. Meskipun demikian, alat tersebut menggambarkan elemen dasar dari sebuah komputer modern dan juga mengungkapkan sebuah konsep penting. Terdiri dari sekitar 50.000 komponen, Basic desain dari Analytical Engine mempergunakan Punched Card (berlubang-lubang) yang memuat instruksi operasi bagi mesin itu.

Penggunaan alat prosessing Data Otomatis oleh The U.S. Bureau of Cencus tidak merampungkan sensus dari tahun 1880 sampai di tahun 1888. Pemimpin Bureau lalu menghentikan hal itu sebelum mencapai 10 tahunan. Komisi The U.S. Bureau, Herman Hollerith seorang pakar statistik memanfaatkan kepiawaiannya dalam menggunakan punched-card untuk sensus di tahun 1890. Dengan pemrosesan punched-card dan mesin Hollerith (Hollerith’s punched-card machine), sensus dapat dirampungkan dalam waktu 2,5 tahun. pada saat itulah dimulainya pemrosesan data secara otomatis yang di torehkan dalam sejarah perkembangan computer.

Dari awal Sejarah Komputer seperti disebut di awal artikel diatas, dengan ditemukannyanya abakus sebagai alat hitung biasa, sampai memasuki Komputer generasi pertama sebagai tonggak sejarah komputer modern dari 6 dekade yang lalu. Perkembangan komputer hingga saat ini sudah memasuki komputer generasi kelima.




2.2. Generasi Komputer

Teknologi informasi dan komputer pada awal abad ke-21 ini telah menunjukkan perkembangan yang signifikan. Teknologi ini pada prinsipnya adalah untuk melayani kebutuhan informasi secara tepat waktu (fast), tepat guna (accurate), dan tepat sasaran (relevant). Informasi memenuhi kebutuhan tepat waktu jika dapat tersedia pada saat dibutuhkan, sehingga memerlukan kecepatan proses. Kebutuhan tepat guna akan terpenuhi jika informasi yang dihasilkan benar sehingga mendukung pengambilan keputusan yang benar. Sementara penggunaan informasi tersebut baru dapat dirasakan manfaatnya jika diberikan kepada orang yang tepat dan benar-benar memerlukannya, sehingga informasi juga harus relevan terhadap penggunanya.

Perkembangan teknologi komputer tidak hanya mencakup teknologi yang digunakan, tetapi juga merambah sampai ke metoda pengembangan sistem informasi dan konsep-konsep yang merupakan bagian infrastruktur dari suatu sistem dan teknologi informasi. Dengan ditemukannyanya abakus sebagai alat hitung biasa, sampai memasuki Komputer generasi pertama sebagai tonggak sejarah komputer modern dari 6 dekade yang lalu. Perkembangan komputer hingga saat ini sudah memasuki komputer generasi kelima. Sejarah Komputer Modern dari Generasi ke Generasi yakni :




1. Generasi Pertama (1946-1959)

Generasi pertama ini dikenal sebagai gelombang one computer, many people atau satu komputer, banyak pemakai. Era ini ditandai dengan digunakannya teknologi Mainframe yang mulai berkembang pada awal tahun 40-an. Teknologi ini mencapai puncak kepopuleran pada tahun 70-an sampai awal 80-an. Namun, seiring perkembangan teknologi komputer, pada pertengahan 80-an, Mainframe sudah mulai ditinggalkan karena tergeser oleh teknologi mini computer dan Personal Computer (PC).

Walaupun komputer sebelum tahun 1946 sudah elektronik, tetapi tidak dimasukkan sebagai komputer generasi pertama. Komputer generasi pertama di mulai pada tahun 1946, karena komputer generasi ini adalah komputer elektronik yang menggunakan konsep Stored Program (operasi komputer di kontrol oleh program yang disimpan di memori komputer, sedang komputer elektronik sebelumnya program tidak dapat disimpan di memori komputer, hanya tiap-tiap instruksi dibacakan ke komputer, sedang program adalah kumpulan dari instruksi).[7]

Stored Program merupakan suatu konsep yang cukup dramatis. Dengan Stored Program, tidak perlu merubah isi komponen dalam komputer untuk masing-masing aplikasi baru yang berbeda. Hanya program baru untuk aplikasi itu saja yanh dibacakan ke komputer dan disimpan di memori komputer. Program dibuat dengan bahasa mesin, yang terdiri dari instruksi-instruksi angka 0 dan 1 di dalam urutan-urutan yang tertentu.

Perkembangan komputer lain pada masa itu adalah Electronic Numerical Integrator And Computer (ENIAC), ENIAC mulai dibuat tahun 1942 di Moor School of Electrical Engineering yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. ENIAC merupakan komputer yang berukuran besar, membutuhkan tempat lebih dari 500 m2 , Volume 105 m3, Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 75.000 relay dan saklar, 10.000 Kapasitor, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder. Berat ENIAC lebih dari 30 ton. ENIAC mempunyai suatu memori yag terdiri dari 20 buah accumulator, masing-masing accumulator dapat menyimpan 10 digit bilangan. ENIAC mampu melakukan 5000 buah pertambahan 10 digit angka dalam waktu 1 detik dan mampu melakukan 300 buah perkalian dalam waktu 1 detik. ENIAC dapat mengolah data dalam waktu sehari untuk pekerjaan yang dilakukan selama 30 hari oleh komputer sebelumnya atau 300 hari bila dikerjakan oleh tangan secara manual. Semua input dan output dilakukan dengan kartu plong.[8]

Komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW. Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I. Pada pertengahan tahun 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan Tim University of Pennsylvania dalam usaha membangun konsep desain komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer.

Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer, analyst, dan ahli sistem komputer).

Berdasarkan konsep Von Neumann, maka Mauchly dan Eckert berusaha membuat komputer yang lebih canggih dari ENIAC, yaitu yang diberi nama EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer).[9]

Negara Inggris tidak ketinggalan. Universitas Cambridge membangun komputer juga yang diberi nama EDSAC (Electronic Delayed Stroge Automatic Computer). Melihat potensi besar yang muncul dengan kelahiran komputer, maka Eckert dan Muchly mendirikan perusahaan swasta pembuat komputer komersial pertama yang diberi nama UNIVAC (Universal Automatic Computer), dan sampai sekarang ini masih ada dan bergabung dengan perusahaan Burrough dengan nama baru yaitu : Perusahaan UNISYS.

Komputer komersial diawali oleh UNIVAC (Universal Automatic Computer). Ini merupakan sebuah komputer yang dibangun oleh dua ilmuan yaitu Mauchly dan Echert serta digunakan pada sensus Amerika Serikat pada tahun 1947. Kemudian, secara garis besar komputer ini digunakan pada tahun 1942 hingga tahun 1955. Selanjutnya bermunculan perusahaan – perusahaan yang ikut membuat komputer, tercatat pada masa itu antara lain adalah IBM, Burroughs, RCA, Honeywell.[10]

Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploitasi potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini tentu saja meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah Komputer Z3, untuk mendisain pesawat terbang dan peluru kendali.




Adapun Ciri-ciri komputer generasi pertama, yakni ;

1. Menggunakan vacum tube ( Tabung Hampa Udara) sehingga komputer generasi pertama ini memiliki ukuran yang sangat besar

2. Menggunakan bahasa mesin sehingga kecepatan kerjanya sangat lambat dan memiliki memori yang sangat kecil.

3. Untuk menjalankannya membutuhkan panas yang sangat tinggi.

4. Kemampuan ENIAC hanya dapat melaksanakan 300 operasi perkalian tiap detik.

5. Program hanya dapat di buat dengan bahasa mesin

6. Menggunakan konsep stored program dengan memori utamanya adalah magnetic core storage.

7. Prosesnya kurang cepat

8. Membutuhkan daya listrik yang besar

9. Orientasinya lebih utama pada aplikasi bisnis[11]




Selain itu, Adapun kelebihan dan kekurangan komputer generasi pertama, yakni

Kelebihan :

1. Dapat menghitung data dalam hitungan milidetik

2. Mempunyai vacuum tube yang memungkinkan komputer modern dibuat




Kekurangan :

1. Ukurannya sangat besar

2. Mengkonsumsi sangat banyak energi

3. Cepat panas karena terdapat ribuan vacuum tubes

4. Belum dapat diandalkan untuk melakukan pekerjaan berat

5. Memerlukan AC

6. Pemeliharaan yang rumit

7. Biaya produksi yang mahal

8. Penggunaanya yang masih terbatas

9. Lambat dalam bekerja

10. Kemampuan pemrograman terbatas

11. Bahasa mesin terbatas

12. Kapasitas penyimpanan data sangat kurang

13. Tidak fleksibel dan sulit untuk dipindahkan













2. Generasi Kedua (1959-1965)

“Kelahiran komputer generasi kedua, diawali dengan penemuan semi konduktor”.[12]

Semi kondukter adalah suatu bahan yang bersifat sebagai setengah penghantar arus listrik. Sebagai penghantar kemampuannya tidak sebaik tembaga. Bahan semi konduktor ini ternyata dapat dipakai untuk membuat suatu alat yang bernama Transistor. Alat ini mempunyai cara kerja yang mirip dengan Tabung hampa, sehingga dapat dipakai untuk menggantikan fungsi tabung hampa. Dengan demikian maka komponen-komponen komputer yang mulanya dibuat dengan menggunakan tabung hampa sekarang dapat digantikan dengan Transistor.

Transistor ditemukan di Bell Laboratories pada tahun 1947 oleh John Bardeen, William Shockley dan Walter Bratain. Shockley membuat perusahaan yang diberi nama Schockly semicoductor pada tahun 1955. Perusahaan ini berlokasi di Palo Alto California. Kemudian beberapa pegawai perusahaan Shockley membuat perusahaan baru yang bernama Fairchild Semiconductor, dan selanjutnya beberapa pegawai Fairchild membuat perusahaan baru yang menjadi sangat terkenal sampai sekarang ialah Intel Corporation. Salah satu dampak nyata penggunaan transistor adalah ukuran komputer yang berkurang. Hal itu karena vacuum tubes yang diganti dengan berbagai transistor di dalam komputer tersebut.

Pada awal tahun 1960-an,mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di Universitas, dan di pemerintahan, Contoh dari komputer yang hadir pada generasi kedua ini adalah IBM 7094 series, IBM 1400 series, dan CDC 164, UNIVAC 1107, Honeywell 1604 dan lain-lain. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Pada masa ini perangkat lunak juga mulai berkembang. Para ahli perangkat lunak mulai mengembaikan bahasa komputer Aras tinggi yang dapat dipakai oleh orang awam untuk menyusun program komputer. Bahasa Aras Tinggi yang pertama dikembangkan adalah bahasa FORTRAN (Formula Translation). Hail ini semakin memacu perkembangan komputer.[13]

Komputer yang hadir pada generasi kedua ini juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan Komputer pada saat ini : printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program. Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan.




Adapun Ciri-ciri komputer generasi kedua, yakni :

1. Komponen yang dipergunakan adalah transistor untuk sirkuitnya

2. Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi

3. Kapasitas memori utama sudah cukup esar dengan pengembangan dai magnetic core storage, dapat menyimpan puluhan ribu karakter

4. Menggunakan simpanan luar megnetic tape dan magnetic disk yang berbentuk removable disk atau disk pack

5. Pengolahan data sedikit lebih cepat dibandingkan dengan komputer generasi pertama.

6. Kebutuhan panasnya tidak terlalu tinggi.

7. Ukuran fisiknya lebih kecil dari ukuran komputer generasi pertama.

8. Proses operasi sudah cepat, dapat memproses jutaan operasi per-detik

9. Orientasinya tidak hanya pada aplikasi bisnis, tetapi juga ke aplikasi teknik

10. Mempunyai kemampuan Proses real time dan time sharing[14]

Selain itu, terdapat juga kelebihan dan kekurangan komputer generasi kedua, yakni :

Kelebihan :

1. Lebih kecil dibandingkan dengan komputer generasi pertama.

2. Komputer lebih handal

3. Menggunakan sedikit energi sehingga tidak membuat komputer terlalu panas

4. Penggunaan komersial yang lebih luas

5. Portabilitas yang lebih baik dibandingkan dengan komputer generasi pertama

6. Kecepatan yang lebih baik dan bisa menghitung data dalam mikrodetik

7. Menggunakan peripheral lebih cepat seperti tape drive, disk magnetik, printer, dll

8. Akurasi meningkat

Kekurangan :

1. Sistem pendingin yang masih diperlukan

2. Perawatan konstan yang sangat diperlukan

3. Produksi komersial yang sulit

4. Hanya digunakan untuk tujuan tertentu

5. Mahal dan tidak fleksibel

6. Kartu Puch digunakan untuk input




3. Generasi Ketiga (1965-1970)

Kelahiran komputer ketiga di tandai dengan berkembangnya teknologi pembuatan untai Terpadu (IC = Integrated Circuit)[15]. Komputer generasi ketiga menggunakan sistem sirkuit terpadu ( IC ). Jack Kilby mengembangkan konsep sirkuit terpadu pada tahun 1958 dan Ini adalah penemuan penting dalam bidang komputer. IC pertama kali ditemukan dan digunakan pada tahun 1961 denga ukuran sebuah IC sama dengan ¼ inci persegi.

Transistor tetap digunakan pada komputer generasi ketiga karena sebuah chip IC dapat berisi ribuan transistor. Beberapa hal yang ditonjolkan melalui pengembangan komputer generasi ketiga ini adalah komputer yang menjadi lebih kecil ukurannya, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih murah. Sekitar tahun 1970 komputer generasi ini sudah dapat dibeli di pasaran. Contoh-contoh komputer generasi ketiga adalah IBM 370, IBM System/360, UNIVAC 1108, dan UNIVAC AC 9000.

Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC: integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor.

Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang berfungsi untuk memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

Pada saat itu mulai juga dikembangkan alat bantu magnetis yang berupa cakram magnetis yang dapat dipakai sebagai alat akses langsung, demikian juga sistem pemakaian komputer secara online dengan menggunakan terminal jarak jauh mulai dikembnagkan. Banyak perusahaan-perusahaan yang memanfaatkan fasilitas komputer secara online, antara lain perusahaan penerbangan.[16]




Adapun Ciri-ciri komputer generasi ketiga, yakni :

1. Komponen yang dipergunakan adalah IC dan Menggunakan MIC (Monolotic Itered Circuit)

2. Peningkatan dari Sofwarenya

3. Memiliki memori lebih besar dari generasi kedua

4. Memiliki kecepatan yang lebih besar dan lebih tepat

5. Memiliki ukuran fisik yang lebih kecil dari generasi kedua

6. Menggunakan penyimpanan luar yang sifatnya random access

7. Penggunaan listrik lebih hemat

8. Memungkinkan untuk melakukan multiprocessing, yaitu dapat memproses sejumlah data dari sumber-sumber yang berbeda pendapat pada waktu yang bersamaan dan multiprogramming, yaitu dapat mengerjakan beberapa program sekaligus.

9. Pengembangan dari alat input-output yang menggunakan visual display terminal yang bisa menampilkan gambar-gambar dan grafik, dapat menerima dan mengeluarkan suara, serta penggunaan alat pembaca tinta megnetik yaitu MICR reader.

10. Kemampuan melakukan komunikasi data dari satu komputer dengan komputer lainnya.[17]




Selain itu, adapun kelebihan dan kekurangan komputer generasi ketiga, yakni :

Kelebihan :

1. Lebih kecil dibandingkan dengan generasi sebelumnya

2. Lebih handal

3. Energi yang diperlukan lebih sedikit

4. Menghasilkan sedikit panas dan jauh lebih seidkit dibandingkan dengan komputer sebelumnya

5. Kecepatan yang lebih baik dan bisa menghitung data dalam nanodetik

6. Kipas sudah digunakan untuk pembuangan panas untuk mencegah kerusakan

7. Biaya pemeliharaan rendah karena kegagalan hardware yang jarang sekali terjadi

8. Bertujuan untuk penggunaan secara umum

9. Dapat digunakan untuk bahasa tingkat tinggi

10. Kapasitas dan sistem penyimpanan yang baik

11. Serbaguna

12. lebih murah

13. Akurasi yang lebih baik

14. Produksi komersial meningkat

15. Mouse dan keyboard sudah mulai digunakan




Kekurangan :

1. Memerlukan AC

2. Membutuhkan Teknologi yang sangat canggih untuk pembuatan chip IC




4. Generasi Keempat (Sejak tahun 1970)

Sejak tahun 1970, ada dua perkembangan yang kemudian dianggap sebagai komputer generasi keempat, yang pertama adalah penggunaan Large Scale Integration (LSI) atau disebut juga dengan nama Bipolar Large Scale Integration. LSI merupakan pemadatan beribu-ribu IC yang dijadikan satu dalam sebuah Chip. Istilah chip digunakan untuk menunjukkan suatu lempengan persegi empat yang memuat rangkaian terpadu (IC). LSI kemudian dikembangkan menjadi VLSI (Very Large Scale Integration). Yang kedua adalah dikembangkannya komputer mikro yang menggunakan microprocessor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer (internal memory), sedang komputer generasi sebelumnya masih menggunakan magnetic core storage.

Sejarah perkembangan komputer generasi keempat dimulai dengan penemuan mikroprosesor.[18] Mikroprosesor ini berisi ribuan sirkuit terpadu atau integrated circuit (IC). Ted Hoff menghasilkan mikroprosesor pertama pada tahun 1971 untuk Intel dan dikenal sebagai Intel 4004. Teknologi sirkuit terpadu telah meningkat secara cepat dan dibuktikan dengan perancangan LSI (Large Scale Integration) sirkuit dan VLSI (Very Large Scale Integration) sirkuit. Dengan adanya teknologi tersebut, maka anda akan mendapatkan ukuran komputer yang jauh lebih kecil. Ukuran Mikroprosesor modern biasanya hanya satu inci dan dapat berisi jutaan sirkuit elektronik. Contoh-contoh komputer generasi keempat adalah Apple Macintosh dan IBM PC.

Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dan sebagainya. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat.Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja,cara-cara baru untuk menggali potensi terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil,komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak,informasi,dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya.Komputer jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas.

Dengan menggunakan perkabelan langsung, yang disebut juga LAN (Local Area Network), atau kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.




Adapun ciri-ciri komputer generasi keempat, yakni :

1. Menggunakan MOS (Methal Oxcide Semi Conductor)

2. Menggunakan memori yang sangat besar

3. Memiliki kecepatan dalam mengolah data

4. Ukurannya menjadi sangat kecil[19]




Dengan perkembangannya yang semakin canggih, maka sampai saat ini telah banyak dirasakan manfaatnya dalam berbagai bidang kehidupan, seperti berikut ini:

1. Robot dan otomasi industri

2. Otomasi perkantoran

3. Telekomunikasi

4. Sistem keuangan elektronik

5. Komputer pribadi

6. Sistem informasi ke rumah

7. Surat elektronik dan konferensi jarak jauh

8. Kecerdasar buatan.[20]




Selain itu, adapun kelebihan dan kekurangan komputer generasi keempat, yakni :

Kelebihan :

1. Lebih kuat dan dapat diandalkan dibandingkan generasi sebelumnya

2. Ukuran yang jauh lebih kecil

3. Kekuatan pemrosesan yang cepat dengan konsumsi daya yang lebih kecil

4. Menggunakan kipas untuk pemakaian dan menjaga suhu komputer itu sendiri

5. Tidak memerlukan AC

6. Benar-benar untuk tujuan umum

7. Produksi komersial

8. Tidak terlalu membutuhkan perbaikan secara rutin

9. Termurah di antara semua generasi

10. Semua jenis bahasa tingkat tinggi dapat digunakan dalam komputer




Kekurangan:

1. Teknologi yang sangat canggih dan terbaru diperlukan untuk pembuatan Mikroprosesor




5. Generasi Kelima

Mendefinisikan komputer generasi kelima (ke-V) menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Komputer generasi kelima sedang dalam perkembangan. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001 : Space Odyssey. Hal menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima.

Banyak kemajuan di bidang disain komputer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model von Neumann. Model von Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak.Kemajuan lain adalah Teknologi Superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.

Jepang adalah negara yang mempelopori perkembangan komputer generasi kelima, Jepang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Bila berhasil, komputer generasi kelima akan dapat menterjemahkan bahasa manusia, manusia dapat bercakap-cakap langsung dengan komputer, penghemat energi komputer, dapat melakukan diagnosa penyakit yang lebih akurat dan lain sebagainya.[21]

Para ilmuwan bekerja keras pada komputer generasi ke-5 dengan beberapa terobosan. Hal ini didasarkan pada teknik AI (Artificial Intelligence). Komputer bisa memahami kata-kata yang diucapkan & meniru nalar manusia. Dapat merespon lingkungannya menggunakan berbagai jenis sensor. Para ilmuwan terus bekerja untuk meningkatkan kekuatan pemrosesan komputer. Mereka mencoba untuk menciptakan sebuah komputer dengan IQ nyata dengan bantuan pemrograman canggih dan teknologi. IBM Watson computeris salah satu contoh komputer yang begitu canggih. Komputer generasi kelima diharpkan mempunyai kemampuan “kecerdasam buatan”. Komputer ini akan mempunyai kepandaian yang menyerupai kepandaian manusia yang nantinya merupakan ciri-ciri dari komputer generasi kelima.[22]

Komputer portabel pertama yang menyerupai laptop modern diperkenalkan oleh Apple Powerbooks, dengan built-in trackball, dan kemudian trackpad, dan berlanjut ke opsional warna layar LCD. IBM ThinkPad sebagian besar terinspirasi oleh desain Powerbook, dan PowerBook akhirnya digantikan oleh yang modern MacBook. Banyak dari evolusi komputer portabel telah diaktifkan oleh evolusi mikroprosesor, display LCD, teknologi baterai dan sebagainya. Evolusi ini akhirnya memungkinkan komputer yang lebih kecil dan lebih portabel dari laptop, seperti PDA, tablet, dan smartphone. Kemudian, tentu kemajuan dalam sejarah perkembangan komputer di teknologi modern akan lebih merevolusi komputer di masa depan.




2.3. Sistem Operasi

a) Generasi Awal (1945-1955)

Generasi pertama merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik, hal itu disebabkan kecepatan manusia untuk menghitung terbatas dan manusia sangat mudah untuk membuat kecerobohan, kekeliruan bahkan kesalahan. Pada generasi ini belum ada sistem operasi, maka sistem komputer diberi instruksi yang harus dikerjakan secara langsung oleh pengguna.




b) Generasi Kedua (1955-1965)

Generasi kedua memperkenalkan Batch Processing System, yaitu Job yang dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu dieksekusi secara berurutan. Generasi ini sistem komputer belum dilengkapi sistem operasi, tetapi beberapa fungsi sistem operasi telah ada, contohnya fungsi sistem operasi ialah FMS dan IBSYS




c) Generasi Ketiga (1965-1980)

Sistem operasi pada generasi ini dikembangkan untuk melayani banyak pemakai, dimana para pemakai berkomunikasi lewat terminal secara on-line ke komputer. Sistem operasi menjadi multi-user (digunakan oleh banyak pengguna sekaligus), multi-programming (melayani banyak program sekaligus) dan multi tasking (melayani banyak tugas dan pekerjaan / Batch Processing System)




d) Generasi Keempat (1980 – 2000-an)

Pada masa ini sistem operasi telah menggunakan Graphical User Interface(GUI) yaitu antar-muka komputer yang berbasis grafis yang sangat nyaman dan mudah digunakan. Pada masa ini juga dimulai era komputasi tersebar (distributed computer) dimana komputasi-komputasi tidak lagi berpusat di satu titik, tetapi dipecah dibanyak komputer sehingga tercapai kinerja yang lebih baik.




e) Generasi Selanjutnya

Pada generasi ini diperkenalkan Sistem Operasi yang berada dalam sebuah Sistem Operasi dan Sistem Operasi bergerak (Mobile) pada perangkat bergerak seperti: PDA, Poket PC, Laptop, Notebook dan NetBook. Sistem Operasi jaringan virtual juga berkembang, sehingga dalam satu jaringan hanya diinstal satu buah Sistem Operasi pada perangkat Server.




2.4. Perkembangan Program Aplikasi

Seiring dengan perkembangan dan kemajuan zaman serta berkembangnya peradaban manusia, aplikasi komputer secara terus-menerus mengalami peningkatan dalam perkembangannya. Berdasarkan perkembangan aplikasi komputer itu sendiri, aplikasi komputer dibagi dalam beberapa era antara lain :

1. Era Pioneer

Pada Era Pioneer ini bentuk aplikasi komputer pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer. Cara dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi. Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program digunakan untuk sebuah mesin tertentu dan untuk tujuan tertentu. Pada era ini, aplikasi komputer atau software komputer masih merupakan satu-kesatuan dengan hardware komputer.

2. Era Stabil

Pada era ini, aplikasi komputer sudah mengalami kemajuan yang cukup pesat. Baris-baris perintah aplikasi komputer yang dijalankan oleh komputer bukan lagi satu-satu, tapi sudah dapat melakukan banyak proses secara bersamaan atau multi tasking. Aplikasi komputer pada era ini juga mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) dan secara cepat/langsung (real time). Pada era ini jugalah mulai di kenal sistem basis data yang mampu memisahkan antara program dan data.

3. Era Mikro

Pada era mikro ini aplikasi komputer dapat dibedakan menjadi beberapa bagian yaitu aplikasi sistem (Windows, Linux, Machintos,dll), Software Aplikasi (Ms.Office, OpenOffice, dll) dan Languange Software/Bahasa Pemograman (Assembler, Visual Basic, Delphi, dll)

4. Era Modern

Era sekarang termasuk dalam era modern yang di dalamnya berkembang pesat aplikasi komputer yang juga bisa diaplikasikan ke dalam perangkat lain seperti Android, Symbian, dll. Kemampuan yang ada pada aplikasi juga semakin meningkat, selain menangani masalah teknis, aplikasi juga dapat mengenal suara dan gambar.

Aplikasi komputer yang ada saat ini, seperti yang dijelaskan di atas, memang mengalami beberapa era yang menjadikannya semakin baik dari era ke era. Menurut saya, perkembangan tersebut akan terus terjadi seiring dengan perkemangan peradaban manusia yang notabene terus melakukan inovasi. Seperti jenis-jenis aplikasi komputer yang dari har ke hari semakin bertambah. Jenis-jenis aplikasi komputer yang ada di dunia antara lain :

a. Aplikasi Grafis

Aplikasi grafis Merupakan suatu program untuk mengolah data yang berformat gambar baik dengan membuat gambar baru maupun mengubah gambar yang sudah dibuat sebelumnya. Software aplikasi Grafis dibagi menjadi tiga (3) bagian yaitu :

1. Aplikasi grafis berbasis vector, contoh: Adobe Illustrator, Corel Draw, Macromedia Freehand, Micrografxdesigne.

2. Aplikasi grafis berbasis pixel/BITMAP, contoh : Adobe Photoshop, Macromedia Fireworks, Corel Photopaint.

3. Aplikasi grafis berbasis tata letak, contoh : Adobe FrameMaker, Adobe In Design, Adobe PageMaker, Corel Ventura, Microsoft Publisher, Quark Xpress.

b. Aplikasi Web Browser

Merupakan bagian dari internet sebagai komunitas jaringan komputer yang memberikan pelayanan http (world wide web). Dengan demikian, definisi teknis dari world wide web adalah semua sumber daya dan semua pengguna di intenet yang menggunakan HTTP (Hypertext Transfer Protocol). WWW adalah aplikasi yang paling menarik di Internet dan seperti email, aplikasi ini sangat penting dan banyak digunakan. Aplikasi web browser yang sering digunakan antara lain, Opera, Internet Explorer, Safari, Firefox dan Chrome.

c. Animasi

Merupakan bentuk seni yang tampak secara spontan menimbulkan gerakan kehidupan pada suatu obyek. Sebenarnya terdapat beberapa fungsi yang berbeda untuk menghasilkan animasi berbasis komputer dan satu daripadanya ialah animasi tiga dimensi (3D). Fungsi lain untuk mencipta animasi komputer ialah dengan menggunakan alat pengecatan komputer yang standar untuk mengecat frame-frame tunggal sebelum dilakukan proses penggabungan. Ini kemudian disimpan sebagai sebuah file gambar (movie).

d. Aplikasi Pendidikan

· Computer Assisted Instruction (CAI)

Komputer secara langsung digunakan dalam proses belajar, sebagai pengganti pengajar ataupun buku. Beberapa aplikasi CAI antara lain, Drill and Practice, Tutorial, Simulasi.

· Computer Managed Instruction (CMI)

Para pengajar memanfaatkan komputer untuk merencanakan kuliah, disesuaikan dengan kondisi para siswa, yang terdiri dari acara belajar dengan bantuan komputer, membaca, dan ujian.

· Computer Assisted Testing (CAT)

Komputer digunakan sebagai media ujian untuk menggali kemampuan siswa dengan cara-cara tanya jawab secara aktif. Bentuknya bermacam-macam, dari mulai yang sederhana dimana komputer (biasanya melalui layar peraga) hingga bentuk yang lebih maju.

e. Aplikasi Multimedia, contoh : Windows Media Player, Winamp, PowerDVD, Klite, VLC Media Player,

f. Aplikasi Programming, contoh : Visual Studio, Delphi, C++ Builder.

Jenis aplikasi yang disebutkan di atas sangat berguna bagi kita sebagai calon guru di masa yang akan datang yang mungkin merupakan masa modern dan mengharuskan kita beradaptasi. Sebenarnya ada beberapa aplikasi yang digabung bersama menjadi suatu paket kadang disebut sebagai suatu paket atau suite aplikasi (application suite). Contohnya adalah Microsoft Office dan OpenOffice.org yang menggabungkan suatu aplikasi pengolah kata, lembar kerja, serta beberapa aplikasi lainnya. Seperti yang kita tahu, dalam Microsoft Office terdapat Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point, dll. Aplikasi-aplikasi tersebut sangat kita butuhkan dipekerjaan kita nantinya. Jadi, perlulah kita mempelajari aplikasi-aplikasi komputer guna menunjang karir kita esok hari.

· Aplikasi yang dikuasai

Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point, Firefox, Opera, Chrome, Internet Explorer, Winamp, Windows Media Player, Corel Draw (sedikit), VLC Media Player, Media Player Classic, Note Pad, GOM media Player, Photoscape









BAB III

PENUTUP

.

3.1. Kesimpulan

Adanya perbedaan perkembangan computer dari generasi ke generasi akan selalu membaik hingga saat ini. Banyaknya produsen dengan merek ternama di dunia yang berlomba menghadirkan kecanggihan dari kinerja computer yang dapat memudahkan kerja manusia.




3.2. Saran

Bersamaan dengan terbitnya artikel makalah ini maka penyusun berpesan kepada para pemabaca untuk dapat menggunakan computer dengan semestinya atau jangan berlebihan, karena ada batasan maksimum computer dihidupkan dalam satu hari.



DAFTAR PUSTAKA




Kadir, A. (2003). Pengenalan Sistem Komputer. Andi Offset.

Jainahu, H. (2016). Sejarah Dan Perkembangan Komputer. [online]. Tersedia: http://www.academia.edu/8677489/1._sejarah_dan_perkembangan_komputer . Html [23 Februari 2020].



Ndondon
Ndondon Seorang Blogger dan Gamer yang kerjanya bikin makalah / laporan.

Posting Komentar untuk "Makalah Perkembangan Generasi Komputer Dari Masa Ke Masa"