Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Daftar Isi Makalah

Ketika kita membuat makalah pastinya kita harus membuat daftar isi sebagai navigasi / penunjuk jalan para pembaca makalah kita. Umumnya daftar isi berbentuk judul poin dari makalah disertai dengan titik-titik panjang hingga ke pojok kanan halaman dan di akhiri dengan nomor halaman tempat poin dari makalah tersebut berada. 

Ada banyak metode pembuatan daftar isi mulai dari yang terlarang (jangan dipakai XD) , pemula (tidak efisien namun masih bisa dipakai), dan tingkat lanjut (biasa dipakai di editorial / e-book / penulis profesional).
Contoh daftar isi atau table of content tingkat lanjut adalah di postingan ini, ketika kamu klik akan langsung di arahkan ke tujuan, benar-benar keren.





Sebelum melangkah ke Contoh Daftar Isi Makalah lainnya ada baiknya kita mengetahui apa itu daftar isi dengan membaca Poin di bawah ini.

Apa itu Daftar Isi?

Pengertian Daftar isi adalah sebuah daftar yang biasanya dapat ditemukan pada sebuah halaman di awal setiap karya tulis yang berisi Bab atau Chapter atau Poin atau Judul Bagian dengan disertai nomor halaman bagian tersebut berada. 

Pada umumnya daftar isi berupa sebuah halaman yang dipenuhi dengan judul-judul bagian makalah / karya tulis diteruskan dengan titik-titik panjang yang melintang dari akhir kalimat ke ujung kanan baris dan diakhiri dengan nomor halaman.

Bentuk Daftar Isi

Daftar isi biasanya mencakup judul atau deskripsi dari tajuk tingkat pertama ( dalam karya yang cukup panjang biasa disebut BAB ), dan sering kali menyertakan judul tingkat kedua ( bagian atau A-head ) di dalam bab juga, dan kadang-kadang bahkan menyertakan tajuk tingkat ketiga ( subbagian atau B-head ) di dalam bagian juga. Kedalaman detail dalam daftar isi tergantung pada banyaknya section (bagian) dalam sebuah karya tulis. Laporan resmi (sepuluh halaman atau lebih dan terlalu panjang untuk dimasukkan ke dalam memo atau surat) juga memiliki daftar isi. Dalam sebuah buku, daftar isi biasanya muncul setelah halaman judul, pemberitahuan hak cipta, dan, dalam jurnal teknis , makalah atau karya tulis ilmiah , setelah abstrak, sebelum daftar tabel atau gambar.

Daftar isi yang dicetak menunjukkan nomor halaman di mana setiap bagian dimulai, sedangkan yang digital menawarkan tautan untuk menuju ke setiap bagian. Format dan lokasi nomor halaman biasa ditentukan oleh penerbit. Jika nomor halaman muncul setelah teks judul, mereka mungkin didahului oleh karakter yang disebut (lead) pemimpin , biasanya titik-titik, yang berjalan dari bab atau bagian judul ke sisi berlawanan dari halaman, atau nomor halaman mungkin tetap lebih dekat ke judul bab/bagian . Meskipun jarang namun dalam beberapa kasus, nomor halaman muncul sebelum teks.

Jika sebuah buku atau dokumen berisi bab, artikel, atau cerita dari penulis yang berbeda, namanya biasanya muncul di daftar isi.

Materi atau halaman yang mendahului daftar isi dalam beberapa kasus dapat tidak tertera di dalam daftar isi. Namun pada umumnya biasanya di makalah, semua halaman kecuali sampul luar dimasukkan ke dalam daftar isi, sering dinomori dengan nomor halaman angka Romawi huruf kecil. Banyak pengolah kata populer , seperti Microsoft Word , WordPerfect , dan StarWriter mampu membuat daftar isi secara otomatis jika penulis teks menggunakan gaya tertentu untuk bab, bagian, subbagian, dll. yang akan di jelaskan caranya di bawah.

Cara Membuat Daftar Isi di Microsoft Word

Sebenarnya cara ini sudah pernah saya bahas di artikel saya sebelumnya tentang cara membuat makalah namun alangkah baiknya jika saya jelaskan secara lebih mendetail disini.

Cara yang Buruk / Terlarang.

Cara ini biasa dilakukan oleh para pelajar atau pekerja gaptek (gagap teknologi) yang jarang berurusan dengan komputer. 
cara nya adalah :
Menahan tombol titik (period) dari ujung ke ujung lalu di akhiri dengan ketikan nomor halaman secara manual.


Jika kamu masih menggunakan cara ini, segera hentikan, STOP, baca cara artikel ini sampai selesai.  Selain tidak efisien alias menghabiskan waktu, cara ini rawan akan terjadinya acak-acakan ketika di copy , pengubahan format halaman mengakibatkan kamu bisa memperbaikinya berulang-ulang setiap kali ada revisi/perubahan dari guru atau dosen kamu karena titik nya akan tumpah kebaris berikutnya dan nomor halaman yang harusnya sudah pas jadi tidak beraturan lagi. Selain itu karena panjang titik-titik berdasarkan feeling penulis biasa terjadi ketidak sejajaran antara baris satu dengan lainnya. Pokoknya harus tinggalkan cara ini. 

Cara Membuat Daftar Isi menggunakan ruler, tab (tabulasi) dan lead.

  1. Pertama-tama tampilkan Ruler, dengan menekan menu View dan beri centang pada Ruler Cara membuat titik-titik menggunakan tabulasi dalam daftar isi
  2. Klik 2 kali pada ruler di posisi yang diinginkan (biasanya saya meletakkan nya di 13 cm untuk ujung leader (titik-titik) dan 13,5 cm untuk nomor halamannya. Lebih jelasnya lihat gambar.
    Cara membuat titik-titik menggunakan tabulasi dalam daftar isi
    *Jika satuan anda masih inch dan ingin mengubahnya menjadi centimeter. Anda dapat merubahnya di File>Option>Advanced> "Show Measurement of unit in:" ganti ke centimeter
  3. Ubah "Leader"-nya ke ".........". perhatikan gambar di bawah. lalu klik Set kemudian OK
    Cara membuat titik-titik menggunakan tabulasi dalam daftar isi
  4. Sekarang ketika anda menekan tombol tab "......." akan muncul secara otomatis sampai ke titik 13 cm. kemudian tambahkan satu lagi di titik 13,5 cm lalu hilangkan leader nya seperti gambar dibawah ini. 
    Cara membuat titik-titik menggunakan tabulasi dalam daftar isi
    ini digunakan sebagai batas pemisah titik-titik dengan nomor halaman agar terlihat lebih rapi
  5. Tekan tombol TAB sekali anda akan mendapatkan titik-titik tekan tombol TAB sekali lagi dan anda mendapat jarak yang pas dan nomor halaman yang sejajar dengan baris dibawahnya
    ini hasilnya:


    Cara membuat titik-titik menggunakan tabulasi dalam daftar isi

Pada umumnya daftar isi hanyalah petunjuk arah atau peta dalam makalah anda untuk menunjukan poin-poin tertentu dalam makalah anda. Jadi saya rasa tidak perlu terlalu panjang saya jelaskan. intinya sesuaikan Poin makalah anda dengan nomor halaman makalah anda. Lebih jelasnya lihat contoh daftar isi dibawah ini:

DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL....................................................................................... .... i
KATA PENGANTAR..................................................................................... .... ii
DAFTAR ISI................................................................................................... .... iii

BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah................................................................................. 1
B.     Rumusan Masalah.......................................................................................... 1
C.     Tujuan Penulisan............................................................................................ 1

BAB II PEMBAHASAN
A.    Sistem Basis Data...................................................................................... .... 2
B.     Konstruksi Basis Data............................................................................... .... 3
C.     Jenis Fail Basis Data.................................................................................. .... 4
D.    Normalisasi................................................................................................ .... 4
E.     Entity Relationship Diagram (ERD)......................................................... .... 10
F.      Structured Query Language (SQL)........................................................... .... 12

BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan..................................................................................................... 14
B.     Saran............................................................................................................... 14

DAFTAR PUSTAKA

Ini file doc untuk microsoft word nya yang bisa anda gunakan sebagai acuan:
 

Cara Membuat Daftar Isi menggunakan References dan Table Of Contents 

Ini merupakan metode paling sempurna dan profesional dalam pengetikan daftar isi, untuk seorang yang masih gaptek bisa dibilang cara ini termasuk merepotkan, ribet dan kemungkinan besar akan tersesat di jalan jadi saya bahas kedua cara yang tidak sempurna di atas terlebih dahulu agar para pemula bisa menyelesaikan makalahnya tanpa terlalu pusing menggunakan metode ini, saya sarankan jika masih gaptek gunakan nomor kedua yaitu ruler dan tabulasi jangan gunakan metode pertama.

Cara ini dapat membuat jump link dalam makalah digital anda jadi ketika anda mengeklik sebuah judul di daftar isi anda langsung diantarkan ke tempat judul itu berada.

Sebelum menggunakan metode ini anda harus tahu apa itu Judul Utama, Judul, Subjudul, dan Paragraf. Apa itu Judul Utama? Judul Utama adalah sebuah kata yang mewakili sebuah section / isi bagian makalah anda contohnya: Kata Pengantar, BAB I PENDAHULUAN, ABSTRAK, Daftar Isi Dan lain sebagainya. Perlu di garis bawahi bahwa Judul Utama merupakan sebuah kata di awal setiap bagian dan bukan termasuk bagian dari isi makalah , Judul dan Sub Judul merupakan pernakan dari Judul Utama sedangkan Isi atau Paragraf merupakan contohnya lihat gambar dibawah :
apa itu Judul Utama, Judul, Subjudul, dan Paragraf




Langkah-langkah membuat daftar isi menggunakan References dan Table of Contents di Microsoft Word

  1. Pertama-tama blok Judul Utama dalam makalah kamu. Kemudian Klik Heading 1 pada pilihan Styles.

    Dengan mengeklik Style Heading 1 secara otomatis kamu merubah tambilan Judul Utama bisa dilihat Line Space, Jenis, Warna, Ukuran Huruf pun Ikut berubah Namun yang paling penting dalam pembuatan daftar isi adalah Level dari table of content yang ikut berubah seperti dapat dilihat pada gambar di bawah ini.


  2.  Atur Gaya penulisan dari Tajuk Utama (Judul Utama) sesuai dengan makalah atau karya tulis yang sedang kamu buat. Saya pribadi lebih sering menggunakan "Times New Roman Ukuran 14 pt Bold alignment Center Warna Hitam" untuk penulisan Judul Utama.
  3. Jika Sudah diatur lakukan modifikasi style "Heading 1" dengan mengklik kanan dan "Update Heading 1 to Match Selection". Nah Sekarang kamu tinggal blok setiap judul utama (Tajuk Utama) yang ada di Makalah atau Karya Tulis kamu dan tekan tombol style "Heading 1" untuk memasukkannya ke Daftar Isi.


  4. Lakukan hal yang sama pada bagian judul bedanya sekarang mengeklik ke heading 2 dan kamu akan mendapat level 2 di table of contents , atur format nya seperlunya dan lakukan seperti heading 1. 
  5. Setelah semua bagian Judul Utama, Judul, Subjudul sudah kamu beri level dari table of contents. saatnya kita buat Daftar Isi nya alias Table of Contents. Cara cukup mudah hanya tekan references>table of contents>insert table of contents


  6. Dan Voila... Daftar Isi pun selesai di buat secara otomatis lengkap dengan nomor halamannya . Kamu tinggal melakukan perubahan seperlunya seperti ubah jenis font, hapus lead/nomor halaman yang tidak perlu dengan cara mengebloknya dan delete. tekan update field jika ada perubahan pada nomor halaman atau judul tambahan.

Oke Saya rasa cukup sudah artikel kali ini tentang Contoh Daftar Isi Makalah. Semoga dapat dijadikan wawasan tambahan bagi pembaca dan di praktekan di pembuatan karya tulis masing-masing. Oke ingat pesan Mas Ndondon kebodohan bukan hanya karena ada kebobrokan dalam sistem pendidikannya tapi juga karena malas membaca ... wasdapalah! wasdapalah! 
Ndondon
Ndondon Seorang Blogger dan Gamer yang kerjanya bikin makalah / laporan.

Posting Komentar untuk "Contoh Daftar Isi Makalah"