Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Catatan Kaki dan Cara Membuatnya

Apa itu Catatan Kaki?

Catatan Kaki atau biasa disebut sebagai Footnote, Catatan Kaki adalah daftar keterangan dari sebuah rujukan atau sebuah kutipan yang kita ambil dari buku, internet, jurnal dan lainnya. Keterangan-keterangan atas teks yang ditempatkan pada kaki halaman yang bersangkutan. Biasanya Footnote dapat diartikan sebagai catatan kaki untuk menampilkan keterangan referensi yang kita gunakan, dan terteletak di bawah kertas kaki tulisan atau di bagian Footer. 

Sebuah catatan kaki haruslah terdiri dari:

  1. Nomor rujukan yang ditulis ½ spasi lebih tinggi
  2. Nama pengarang lengkap tidak dibalik, setelah nama diberi tanda koma (,)
  3. Judul buku (digarisbawahi/dicetak miring) atau artikel (diapit tanda petik dua)
  4. Tempat penerbit ditempatkan dalam tanda kurung, setelah nama kota
  5. Penerbit
  6. Tahun terbit
  7. Halaman (biasanya disingkat hal. dan diberi tanda titik setelah angka)

Contoh:

1 Kobo Kanaeru, Pengajaran Pengairan Persawahan (Jakarta: Bahari, 1998), hal. 15.

Footnote ini hampir sama dengan daftar pustaka, yaitu mengutip kutipan dari sumber aslinya yang dijadikan sebagai referensi. Hal ini di lakukan agar pembaca lebih tahu sumber penulisannya, agar memudahkan si pembaca untuk mengembangkan kembali karya yang telah kita buat, terlebih agar tidak terjadinya plagiarisme.


Cara Membuat Catatan Kaki di Microsoft Word

  1. Letakkan kursor di akhir kalimat yang ingin di beri footnote, Lalu pilih menu References —> Klik Footnotes, seperti gambar di bawah ini.
    Cara Bikin Catatan Kaki


  2. Selanjutnya jika sudah klik bagian ujung kecil sebelah kanan seperti gambar diatas, maka akan muncul gambar seperti dibawah ini :
    cara membuat footnote


  3. Nah, pada bagian ini kita atur sesuai yang kita mau, karna di sini membuat footnote maka kalian buat di Location nya menjadi Footnote dan bagian Number Format diganti dengan angka 1,2,3,….. Lalu klik Insert. Maka secara Otomatis terdapat nomor footnote di akhir kalimat dan kertas. Seperti gambar di bawah ini .
    Cara membuat Catatan Kaki
  4. Lalu tinggal kamu ketikkan referensi sesuai dengan rujukan yang telah kamu buat di akhir kertas. dan lakukan hal yang sama untuk footnote kedua.
  5. Hasil Footnote
    Langkah Membuat Catatan Kaki footnote




Posting Komentar untuk "Pengertian Catatan Kaki dan Cara Membuatnya"