Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam-Macam Sumber Daya Alam Mineral beserta Gambarnya

1. Minyak bumi, dapat dijadikan bahan bakar. Negara penghasil minyak bumi terbesar adalah Arab Saudi dan Rusia. 



 2. Batu bara, dijadikan bahan bakar. Negara penghasil batu bara terbesar adalah Amerika Serikat, Rusia, dan China. 


3. Gas alam, sebagai bahan bakar dan bahan baku pupuk. Negara penghasil gas alam adalah Rusia dan Amerika Serikat. 

 


4. Bijih besi, 

digunakan sebagai bahan baku pembuatan baja. Negara penghasil bijih besi terbesar adalah China, Australia, dan Brazil. 

 



5. Tembaga

 sebagai komponen elektronik, industri, bangunan, dan peralatan rumah tangga. Penghasil tembaga terbesar yaitu Cili, Amerika Serikat, Cina, dan Peru. 

 




6. Bauksit

sebagai bahan baku aluminium. Aluminium digunakan sebagai bahan pembuat alat-alat transportasi (kendaraan roda empat, pesawat terbang, etc), bahan konstruksi bangunan, pembungkus (aluminium foil), bahan pembuat kaleng, dsb. Negara penghasil bauksit terbesar yaitu Guinea, Australia, dan Vietnam. 

 


7. Emas 

sebagai perhiasan, komponen elektronik, dan media investasi. Dihasilkan di Afrika Selatan, China, dan Indonesia. 

 




8. Perak 

digunakan sebagai perhiasan, bahan kerajinan tangan, media investasi, kedokteran gigi, komponen elektornika, dan peralatan industri. Dihasilkan di Peru dan Meksiko. 

 


9. Berlian 

digunakan sebagi perhiasan dan alat pemotong logam keras. Dihasilkan di Afirka Selatan, Afrika Tengah, Australia, dan Kanada. 

 


10. Nikel 

digunakan sebagia bahan campuran logam, bahan baku pembuatan baterei, dan komponen elektronik. Dihasilkan di Kanada, Rusia, dan Kaledonia Baru.

 



11. Batu Kapur 

 


Manfaat kapur diantaranya:

1.      Bahan untuk menurunkan kadar sulfur

2.      Bahan pembuat soda api

3.      Bahan membuat Piler kare, kabel

4.      Penurunan kadar asam air

5.      Dapat digunakan untuk Industri pupuk

6.      Pengkristal gula tepung

7.      Penetral limbah

8.      Ekstraksi peleburan besi

9.      Separator (pemisah) logam mulia

10.  Bahan baku semen 




12 Pasir Kuarsa 

 


Manfaat pasir kuarsa :

1.      Untuk industri keramik / gelas 

2.      Untuk abrasif 

3.      Untuk industri kimia, cat 

4.      Untuk membantu pengecoran besi

13. Mangan   

 


Manfaat nya :

1.      sebagai depolariser dan sel kering baterai dan untuk menghilangkan warna hijau

pada gelas

2.      bahan dasar industri baterai

3.      bahan dasar indutri korek api

14. Yodium 


adalah unsur kimia pada tabel periodik yang memiliki simbol I dan nomor atom 53. Unsur ini diperlukan oleh hampir semua mahkluk hidup. Yodium adalah halogen yang reaktivitasnya paling rendah dan paling bersifat elektropositif. Sebagai catatan, seharusnya astatin lebih rendah reaktivitasnya dan lebih elektropositif dari pada yodium, tapi kelangkaan astatin membuat sulit untuk mengkonfirmasikan hal ini.

Yodium terutama digunakan dalam medis, fotografi, dan sebagai pewarna. Seperti halnya semua unsur halogen lain, yodium ditemukan dalam bentuk molekul diatomik.

15. Marmer

 


Marmer adalah batuan kristalin kasar yang berasal dari Batu kapur atau dolomit. Marmer yang murni berwarna putih dan terutama disusun oleh mineral kalsit.

Kegunaan

Kegunaan Batu Marmer dapat digunakan di rumah untuk perabotan, komponen komponen bangunan seperti lantai, meja, kamar mandi, jendela. Selain itu Marmer juga dapat digunakan untuk bahan baku pembuatan Piala , Patung, prasasti , papan nama ,vandel dll.

16. Aluminium 

 


Aluminium (atau aluminum,alumunium,almunium,alminium) ialah unsur kimia. Lambang aluminium ialah Al, dan nomor atomnya 13. Aluminium ialah logam paling berlimpah.

Aluminium bukan merupakan jenis logam berat, namun merupakan elemen yang berjumlah sekitar 8% dari permukaan bumi dan paling berlimpah ketiga. Aluminium terdapat dalam penggunaan aditif makanan, antasida, buffered aspirin, astringents, semprotan hidung, antiperspirant, air minum, knalpot mobil, asap tembakau, penggunaan aluminium foil, peralatan masak, kaleng, keramik , dan kembang api.


17. Giok 



Giok atau jade adalah sejenis batu "permata hijau" adalah salah satu dari jenis batu permata yang di dalamnya terdiri dari banyak unsur mineral yang telah ditemukan dan digunakan oleh bangsa timur selama beribu-ribu tahun lalu.

Pada saat ini batu giok banyak yang berasal dari daerah Tibet, Cina dan Birma sebagai komoditas ekspor. Giok juga dipercaya berkhasiat membuat ketenangan, kegembiraan dan kesehatan.

 

18. Baja 

 



Baja adalah logam paduan dengan besi sebagai unsur dasar dan karbon sebagai unsur paduan utamanya. Kandungan karbon dalam baja berkisar antara 0.2% hingga 2.1% berat sesuai grade-nya. Fungsi karbon dalam baja adalah sebagai unsur pengeras dengan mencegah dislokasi bergeser pada kisi kristal (crystal lattice) atom besi. Unsur paduan lain yang biasa ditambahkan selain karbon adalah mangan (manganese), krom (chromium), vanadium, dan tungsten. Dengan memvariasikan kandungan karbon dan unsur paduan lainnya, berbagai jenis kualitas baja bisa didapatkan. Penambahan kandungan karbon pada baja dapat meningkatkan kekerasan (hardness) dan kekuatan tariknya (tensile strength), namun di sisi lain membuatnya menjadi getas (brittle) serta menurunkan keuletannya (ductility).


19. Platina 

 


Platina adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Pt dan nomor atom 78. Sebuah logam transisi yang berat, "malleable", "ductile", berharga, berwarna putih-keabuan. Platinum tahan karat dan terdapa dalam beberapa bijih nikel dan copper. Platinum digunakan dalam perhiasan, peralatan laboratorium, gigi, dan peralatan kontrol emisi mobil.

20. Kristal 

 


Kristal adalah suatu padatan yang atom, molekul, atau ion penyusunnya terkemas secara teratur dan polanya berulang melebar secara tiga dimensi. 

Secara umum, zat cair membentuk kristal ketika mengalami proses pemadatan. Pada kondisi ideal, hasilnya bisa berupa kristal tunggal, yang semua atom-atom dalam padatannya "terpasang" pada kisi atau struktur kristal yang sama, tapi, secara umum, kebanyakan kristal terbentuk secara simultan sehingga menghasilkan padatan polikristalin. Misalnya, kebanyakan logam yang kita temui sehari-hari merupakan polikristal. Manfaatnya untuk perhiasan.




Ndondon
Ndondon Seorang Blogger dan Gamer yang kerjanya bikin makalah / laporan.

Posting Komentar untuk "Macam-Macam Sumber Daya Alam Mineral beserta Gambarnya"