Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CONTOH MAKALAH SURAT UNDANGAN

MAKALAH SURAT UNDANGAN

CONTOH MAKALAH SURAT UNDANGAN
CONTOH MAKALAH SURAT UNDANGAN

KATA PENGANTAR

Puji syukur Kami panjatkan ke Hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, atas anugerah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan penulisan “MAKALAH SURAT UNDANGAN” ini

Adapun maksud dan tujuan dari penyusunan Makalah ini selain untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru. juga untuk lebih memperluas pengetahuan para siswa khususnya bagi penulis.
Penulis telah berusaha untuk dapat menyusun Makalah ini dengan baik, namun penulis pun menyadari bahwa kami memiliki akan adanya keterbatasan kami sebagai manusia biasa. Oleh karena itu jika didapati adanya kesalahan-kesalahan baik dari segi teknik penulisan, maupun dari isi, maka kami memohon maaf dan kritik serta saran dari guru bahkan semua pembaca  sangat diharapkan oleh kami untuk dapat menyempurnakan makalah ini terlebih juga dalam pengetahuan kita bersama. Harapan  ini dapat bermanfaat bagi kita sekalian

Pesawaran, 20 November 2018



Penulis


BAB I
PENDAHULUAN


A. LATAR BELAKANG

Dalam kehidupan sehari-hari , kita selalu melihat seseorang menggunakan alat komunikasi untuk dapat berhubungan dengan seseorang yang dikehendakinya . Seiring dengan pertumbuhan ilmu pengetahuan , teknologi , dan informasi  dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang cukup signifikan di lingkungan masyarakat indonesia . Orang-orang dulu tidak secanggih dengan orang-orang di jaman sekarang .

Apabila kita mengamati  secara detail , ada beberapa perbedaan yang membedakan antara orang-orang jaman dahulu dan jaman sekarang . Salah satu diantaranya dalam perbedaan cara berkomunikasi dengan sesama atau dengan kerabat kita . Dahulu sangat sulit kita berkomunikasi dengan kerabat kita yang jauh disana tetapi jaman sekarang kalaupun kerabat kita sangat jauh , kita masih dapat berkomunikasi dengan mudahnya yaitu kita menggunakan salah satu contoh alat komukasi yaitu telfon genggam , gadget yang satu ini sangat menonjol di jaman sekarang di bandingkan dengan gadget-gadget yang lain . Coba kita liat di jaman dahulu , orang-orang hanya mengandalkan selembar kertas untuk biasa berkomunikasi dengan kerabatnya yang berada jauh disana yaitu dengan salah diantaranya menggunakan surat menyurat walaupun masih sedikit orang yang mempergunakan surat untuk dapat berkomunikasi dengan para kerabatnya yang jauh disana tetapi surat merupakan suatu alat komunikasi yang ada di jaman dahulu .

B. RUMUSAN MASALAH



  1. Apa itu surat undangan?
  2. Apa jenis-jenis Surat Undangan ?

C. TUJUAN

makalah ini bertujuan agar para pembaca bisa mengetahui Apa itu surat undangan.


BAB II
PEMBAHASAN


A. Pengertian Surat Undangan

Undangan berasal dari kata dasar “undang” dan akhiran “an”. Undang berarti panggil. Mengundang berarti memanggil atau mempersilakan datang. Undangan adalah kata benda yang berarti orang yang dipanggil atau dipersilakan datang untuk hadir pada waktu, hari, tanggal, tempat yang sudah ditetapkan dalam undangan.
Surat undangan merupakan suatu penghormatan kepada orang yang diundang. Bentuk dan susunan surat undangan hendaknya disusun semenarik mungkin, jelas isinya dan dikirimkan tepat waktu agar yang diundang dapat mempersiapkan untuk memenuhi undangan tersebut.
Dengan demikian, surat undangan adalah surat pemberitahuan akan adanya suatu acara/kegiatan pertemuan, upacara dengan harapan agar penerima undangan dapat hadir pada waktu dan tempat yang telah ditetapkan.

B. Jenis-jenis Surat Undangan

Surat undangan terdiri dari jenis surat undangan resmi dan tidak resmi. Surat undangan resmi biasanya dibuat oleh perusahaan atau instansi dalam rangka menyelenggarakan sebuah agenda atau kegiatan yang diadakan dengan mengundang baik perseorangan ataupun kelompok.

Sedangkan surat undangan  yang tidak resmi contohnya adalah surat undangan ulang tahun, surat undangan pernikahan dan lain sebagainnya. Perbedaan dalam format antara surat undangan resmi dan tidak resmi adalah pada tampilannya. Seperti pada umumnya surat resmi dalam surat undangan resmi tentunya terdiri dari kepala surat, isi surat dan kaki surat.

Lain halnya dengan surat undangan tidak resmi. Format yang digunakan pada surat undangan tidak resmi adalah sesuain dengan acara yang diselenggarakan dan juga jenis undangan yang digunakan. Jelasnya adalah tidak adanya kop surat dan tanda tangan serta stempel instansi atau lembaga di dalam surat undangan. Kesamaan dari kedua jenis surat undangan resmi dan tidak resmi adalah waktu dan di mana acara diselenggarakan.

1. Surat Undangan Resmi

Contoh Surat Undangan Resmi
Contoh Surat Undangan Resmi

2. Surat Undangan Tak Resmi

Jakarta, 3 April 2015
Buat   : Devi
Di Tempat

Salam Sejahtera,
Teman-temanku yang cantik dan tampan, aku mengundang kalian untuk datang ke pesta ulang tahunku yang akan dilaksanakan pada:

Hari, tanggal : Sabtu, 16 April 2015
Waktu            : pukul 15.00
Tempat           : di rumahku Jalan buntu 3, Jakarta
Acara             : Merayakan Pesta Ulang Tahun

Aku tunggu kedatangan kalian semua.
Temanmu,


Hans
BAB IIIPENUTUP

A. KESIMPULAN

Pada bagian ini merupakan kesimpulan dari apa yang telah kita bahas di atas . Jadi surat juga masih penting untuk kita gunakan sebab dari semua arti , fungsi , dll jelas surat masih dapat kita gunakan di jaman sekarang walaupun bisa di bilang , di jaman sekarang sudah bukan lagi jamannya surat-menyurat , kita bisa mempergunakan alat komunikasi yang ada agar tidak terlalu memakan waktu banyak walaupun surat sudah bukan lagi barang yang penting di jaman sekarang , apa salahnya kita bisa membudayakan alat komunikasi yang ada pada jaman dahulu agar tidak punah pada masa sekarang .


DAFTAR PUSTAKA


. Suryanto , Alex , Haryanta , Agus . 2006 . Bahasa dan Sastra Indonesia . Tangerang:Erlangga

. www.wikipedia.com

. Bu Sri Juminah , Bu Maymunah , dan Bu Dian guru Bahasa Indonesia SMAN 1 Cirebon

. http://www.google.com/artikel-surat-menyurat

Ndondon
Ndondon Seorang Blogger dan Gamer yang kerjanya bikin makalah / laporan.

Posting Komentar untuk "CONTOH MAKALAH SURAT UNDANGAN"