Makalah tentang polemik pelaksanaan pendidikan dalam situasi Virus Corona COVID 19

 

Makalah tentang polemik pelaksanaan pendidikan dalam situasi Virus Corona
Kegiatan Belajar Daring saat Corona

Dalam situasi Virus Corona seperti sekarang ini pastinya banyak diantara kamu yang disuruh membuat makalah tentang polemik pelaksanaan pendidikan dalam situasi Virus Corona COVID 19. Kamu dapat simak di postingan ini.

Makalah COVID 19

BAB I 
PENDAHULUAN

Latar Belakang

Pada saat ini sedang terjadi Pandemi Covid-19 yang berdampak pada segala bidang. Khususnya bidang pendidikan. Kegiatan berkumpul-kumpul dilarang untuk mengurangi potensi penyebaran Virus Corona (Covid-19). Sekolah diliburkan dan terpaksa membuat sistem pembelajaran online / daring, akibatnya terjadi banyak polemik dalam pelaksanaannya. Oleh karena itu Makalah ini dibuat sebagai media pembelajaran siswa agar mengetahui polemik tersebut.

polemik pendidikan situasi virus corona

Rumusan Masalah

Rumusan Masalah dalam makalah ini adalah :
  1. Apa saja polemik dalam pelaksanan pendidikan dalam situasi Virus Corona?
  2. Bagaimana menghadapi pelaksanaan pendidikan dalam situasi Virus Corona?

Tujuan Pembuatan

Tujuan pembuatan makalah ini agar dapat menjadi bahan bacaan dalam menambah wawasan para peserta didik maupun pembaca secara umumnya mengenai polemik pelaksanaan pendidikan dalam situasi Virus Corona.


BAB II
PEMBAHASAN


Beralihnya sistem pendidikan dari konvensional ke daring / online

Beralihnya sistem pendidikan dari konvensional ke daring / online


Pelaksanaan Pendidikan dalam situasi Virus Corona beralih ke sistem daring / online. Pada jenjang TK kebanyakan guru, peserta didik dan wali murid kurang memahami sistem belajar online dan memanfaatkan fasilitas Aplikasi Chatting seperti Whatsapp sebagai media penyampaian pembelajaran. Kebanyakan berupa pemberian tugas dan pengumpulan tugas melalui foto yang dikirim dari Whatsapp. Pada jenjang SD praktiknya hampir sama seperti TK. Pada Jenjang SMP kebanyakan siswa sudah dapat mengoperasikan Smartphone sehingga proses pembelajaran dapat berjalan secara lebih lancar meskipun terkendala sarana yang kurang memadai disisi siswa. Pada jenjang SMA kebanyakan sudah berjalan lancar dengan menggunakan aplikasi pembelajaran dan video call seperti Ruangguru, Zoom, Google Hangout dll. Pelaksanaan Pendidikan di sekolah dilakukan dengan sistem shift untuk mengurangi jumlah siswa yang berkumpul dalam mencegah penyebaran corona.

Kendala Yang Terjadi selama pelaksanaan pendidikan dalam situasi Virus Corona

 Meski pada pelaksanaannya terjadi banyak kendala diantaranya:

  1. Kurangnya sarana yang memadai dari sekolah dan siswa dalam menopang pembelajaran secara daring.
  2. Kurangnya pemahaman pengajar dan wali murid dalam sistem pembelajaran sehingga terjadi kebingungan dalam proses pembelajaran
Kendala Yang Terjadi selama pelaksanaan pendidikan dalam situasi Virus Corona


Hikmah Yang dapat diambil dari pelaksanaan pendidikan dalam situasi Virus Corona

Meskipun Virus Corona mengakibatkan banyak dampak yang cukup buruk pada semua sektor. Namun tak dapat dipungkiri situasi ini menciptakan hal yang menguntungkan antara lain :

  1. Sekolah dapat mengikuti perkembangan jaman yang cepat atau lambat akan beralih ke sistem daring / online. 
  2. Guru yang gaptek terpaksa harus belajar teknologi baru untuk penerapannya ke pelaksanaan pendidikan. 
  3. Masyarakat khususnya siswa diharuskan lebih terbiasa hidup bersih dengan mencuci tangan & memakai masker

BAB III
PENUTUP

Kesimpulan

Pelaksanaan Pendidikan dalam situasi Virus Corona beralih ke sistem daring / online. kebanyakan guru, peserta didik dan wali murid kurang memahami sistem belajar online dan memanfaatkan fasilitas Aplikasi Chatting seperti Whatsapp sebagai media penyampaian pembelajaran. Sekolah dapat mengikuti perkembangan jaman yang cepat atau lambat akan beralih ke sistem daring / online. 


DAFTAR PUSTAKA


Post a Comment for "Makalah tentang polemik pelaksanaan pendidikan dalam situasi Virus Corona COVID 19"